Pemerintah, sebagai operator utama negara, harus memiliki konsep yang
jelas dalam pentahapan kemandirian industri otomotif nasional. Tak
pelak lompatan katak teknologi energi merupakan satu pilihan logis,
yatiu:(1) Pada tahap awal, pemerintah perlu mendorong kalangan swasta
nasional untuk menjadi pelaku utama penguasaan teknologi otomotif.
Sebenarnya saat ini kalangan swasta Indonesia telah melakukan lompatan
katak pertama berupa kerjasama dan lisensi. Texmaco merupakan satu
contoh swasta nasional yang serius dalam penguasaan teknologi otomotif
(truk).
(2) Pendayagunaan dan kerjasama yang terprogram antar sumber
daya yang ada di berbagai lembaga riset pemerintah ataupun antara
lembaga riset dengan kalangan swasta nasional guna penguasaan teknologi
otomotif mutakhir. Hasil lain dari tahap ini diharapkan munculnya
pemain-pemain baru-lokal yang berkualifikasi sebagai supplier otomotif nasional dan global.
(3) Berhasilnya penguasaan teknologi serta bermunculannyaqualified local supplier akan memudahkan swasta nasional Indonesia mendirikan industri otomotif dalam negeri.
Menilik fasilitas dan kemampuan sumber daya di bidang teknologi yang
dimiliki Indonesia saat ini, lompatan katak otomotif ini (seharusnya)
tidaklah sesulit usaha putra-putri bangsa menguasai teknologi
dirgantara. Kemauan yang kuat, sinergi, dan konsistensi dari seluruh
komponen bangsa, merupakan kata kunci untuk mewujudkannya.
Sumber: http://www.kamusilmiah.com/mesin/industri-otomotif-nasional/
Minggu, 16 November 2014
TTKI : Industri Otomotif Indonesia
06.42
Steviani Puspitasari
No comments
0 komentar:
Posting Komentar