Selasa, 16 Desember 2014

Ringkasan Jurnal : ANALISIS PERBAIKAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP BEBAN KERJA MENTAL

Judul: ANALISIS PERBAIKAN KONDISI LINGKUNGAN KERJATERHADAP BEBAN KERJA  MENTAL
Penulis : SRI RAHAYUNINGSIH
Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kadiri
Link Sumber : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/industri/article/view/2081

ABSTRAK
Kondisi lingkungan kerja yang baik akan menunjang pekerja dalam melakukan kerja yang maksimal. Faktor-faktor seperti temperatur, kebisingan, dan vibrasi dapat meningkatkan tekanan psikologis pekerja dan memengaruhi kinerja pekerja. PR Rezeki Abadi merupakan perusahaan rokok yang menggunakan tenaga manusia dalam menjalankan produksinya mulai dari proses pencampuran bahan–bahan dasar   (tembakau ,saos dan cengkeh) sampai dengan proses finishing. Berdasarkan hasil pengukuran, temperatur dan tingkat kebisingan pada bagian pencampuran lebih tinggi dari kondisi normal sehingga operator di bagian pencampuran merasakan beban psikologis yang tinggi dan sering melakukan kesalahan pada proses pencampuran.

Kata kunci: beban kerja mental, lingkungan kerja, pengukuran subjektif, SWAT 

PENDAHULUAN
Kondisi lingkungan kerja adalah semua keadaan yang terdapat di sekitar tempat kerja. Kondisi lingkungan kerja yang baik akan menunjang karyawan dalam melakukan kerja yang maksimal. Faktor-faktor seperti temperatur, kebisingan, vibrasi, dan ketenangan dapat secara langsung memengaruhi kinerja tugas ketika mereka bekerja, hal ini disebabkan beban tekanan psikologis pekerja yang meningkat. Beban Rahayuningsih: Analisis perbaikan kondisi lingkungan kerja 81 tekanan psikologis mengacu pada kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya kebingungan, frustasi yang terkait dengan kinerja tugas, sehingga membuat penyelesaian tugas menjadi lebih sulit untuk dilaksanakan (Purwaningsih dan Sugiyanto, 2007) Tekanan psikologis yang semakin tinggi akan menyebabkan beban kerja mental yang dirasakan oleh pekerja semakin meningkat.

METODE
Data-data yang dikumpulkan untuk menjawab permasalahan di bagian pencampuran PR Rezeki Abadi sebagai berikut:
a. Beban Kerja
 Beban kerja operator akan diukur dengan metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT), di mana operator diminta untuk mengurutkan kartu SWAT yang berjumlah 27 kartu berdasarkan subjektivitas mereka.
b. Kondisi Lingkungan Kerja
 Kondisi lingkungan kerja yang diamati adalah temperatur dan kebisingan, sehingga dilakukan pengukuran  untuk mengetahui kondisi lingkungan kerja di bagian pencampuran yang ada saat ini. Pengukuran temperatur dilakukan dengan menggunakan termometer dan kebisingan dengan menggunakan digital sound level meter.

HASIL DAN PEMBAHASAN
PERBANDINGAN HASIL PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL
Setelah dilakukan perbaikan kondisi lingkungan kerja, beban kerja setiap operator mengalami penurunan dari kategori berat menjadi ringan pada kedua elemen pekerjaan yang ada. Pada elemen pekerjaan pencampuran komposisi tembakau, rata-rata skala beban kerja sebesar 76,733 pada kondisi awal lingkungan kerja dan sebesar 33,56 setelah dilakukan perbaikan kondisi lingkungan kerja atau dengan kata lain terjadi penurunan beban kerja sebesar 76,29%. Elemen pekerjaan berikutnya di bagian pencampuran adalah pencampuran komposisi cengkeh. Hasil pengukuran beban kerja dengan metode SWAT memberikan skala sebesar 63,3 pada kondisi awal dan 26,56 setelah dilakukan perbaikan kerja atau dengan kata lain terjadi penurunan beban kerja sebesar 62,88%.

SIMPULAN
Kondisi lingkungan kerja menjadi lebih baik dan lebih nyaman dengan adanya penambahan blower dan penggunaan earplug (penutup telinga) sehingga dapat menurunkan beban kerja operator di bagian pencampuran tembakau PR Rezeki Abadi. Berdasarkan pengukuran beban kerja dengan metode SWAT, rata-rata beban kerja operator pencampuran tembakau sebelum dilakukan perbaikan kondisi lingkungan kerja termasuk dalam kategori berat. Setelah dilakukan perbaikan kondisi lingkungan kerja, rata-rata skala beban kerja di bawah 40 sehingga beban kerja termasuk dalam kategori ringan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop